Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Text Message Pertama Dikirim 25 Tahun yang Lalu

Texting dengan Smartphone
Bersiaplah untuk merasa kuno - pesan teks pertama yang dikirim adalah 25 tahun yang lalu. Insinyur Neil Papworth mengirim SMS pertama pada tanggal 3 Desember 1992, saat dia menulis "Selamat Natal" di komputer dan mengirimkannya ke ponsel direktur Vodafone Richard Jarvis. Itu adalah permulaan yang sederhana, tapi pada akhirnya mengubah teknologi dan bahkan norma sosial.

Butuh waktu lama bagi SMS untuk diadopsi oleh public, baik karena jaringan seluler itu sendiri (jangkauannya yang sangat terbatas di tahun 1992) dan keyboard telepon umumnya  hanya bisa melakukan dial daripada mengetik. Tapi selanjutnya, muncullah smartphone yang memiliki keyboard dengan fungsi pengetikan. Di AS saja, volume pengiriman pesan meningkat dari 12,5 miliar per bulan di tahun 2006 menjadi 45 miliar setahun kemudian. Pada bulan Juni 2017, ada 781 miliar pesan text yang beredar di negara ini. Pengiriman pesan text menjadi mudah, dan SMS sudah siap dan menunggu untuk memanfaatkan kebebasan yang baru ditemukan.

Ada sedikit keraguan bahwa SMS telah mempengaruhi komunikasi di tahun-tahun sebelumnya. Dimana SMS pernah dilihat sebagai sesuatu yang aneh dan jarang digunakan, namun saat ini, pesan text malah menjadi pilihan pertama untuk komunikasi - seberapa sering Anda kesal saat seseorang memanggil Anda alih-alih mengirimkan pesan singkat? Oleh karena itu, sangat umum melihat pemesanan suatu layanan melalui SMS, entah itu memesan pizza atau mendapatkan rekomendasi musik. Batas 140 karakter dari Twitter (yang baru saja diangkat pada bulan November) ditentukan berdasarkan batas maksimal karakter dari SMS yaitu 160 karakter sehingga memungkinkan tweets di era sebelum internet mobile tersedia secara luas. Efek SMS tidak selalu positif (sebagai contoh spam SMS), tapi sudah jelas tidak mungkin dapat dihindari.

Pertanyaannya sekarang apakah SMS tersebut memiliki masa depan jangka panjang yang sehat. Kombinasi smartphone dan akses internet mobile yang hampir di mana-mana telah menyebabkan ledakan layanan pesan dan jaringan sosial yang dapat melakukan lebih banyak hal. WhatsApp dengan sendirinya mengantarkan 55 miliar pesan per hari mulai Juli, dan itu tidak termasuk kelas berat lainnya seperti Facebook Messenger, iMessage Apple atau Google's Hangouts. SMS kemungkinan akan bertahan lama, karena ini adalah pilihan paling praktis bagi siapa saja yang tidak bisa mendapatkan smartphone atau tidak tinggal di area dengan data seluler yang andal dan terjangkau. Namun penggunaanya semakin memudar (Di Inggris mulai menurun penggunaannya) karena orang beralih ke teknologi yang jauh lebih canggih.

Sumber: Engadget
Mauliddin Moko
Mauliddin Moko Suka traveling dan semua kegiatan alam bebas, science minded dan selalu mengikuti trend technology

Post a Comment for "Text Message Pertama Dikirim 25 Tahun yang Lalu"